Saturday, October 1, 2016

MUNGKIN BANYAK ORANG YANG BELUM TAU SALAH SATUNYA !!! Pasti Kamu Gak Tahu Jika Ada Sesuatu yang Unik di Desain Uang Rp 50 Ribu Lama Ini !!! BERIKUT PENJELASANAN NYA !!!


Apakah anda masih meyimpan uang pecahan 50 ribu versi lama? Bila ada, coba perhatikan dan teliti uang itu maka anda akan menemukan sesuatu yang unik dari uang itu.

Selain anda dapat menemukan sosok pencipta lagu Kebangsaan Indonesia, anda akan menemukan sesuatu unik yang terselip dalam uang itu. Nah, kita mulai dahulu dari suatu hal unik dari gambar sosok pria dalam uang 50 ribu versi lama.

Pria dalam duit itu yaitu Wage Rudolf Soepratman. Meski tidak melawan penjajah, tetapi jasanya begitu berarti untuk Indonesia. Soepratman sukses membuat lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya.

Untuk dapat membuat lirik prima, diperlukan usaha yang cukup keras. Saat tinggal di Jakarta, ia pernah membaca satu karangan dalam majalah Timbul. Penulis karangan itu menantang bebrapa ahli musik Indonesia untuk membuat lagu kebangsaan.

Diambil TribunSolo. com, pada bln. Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda. Dan saat malam penutupan kongres, tanggal 28 Oktober 1928, Soepratman dengarkan lagu ciptaannya dengan cara instrumental di depan peserta umum.

wage-rudolf-soepratman_20160923_115012
Ketika tersebut untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semuanya yang ada terpukau mendengarnya. Bahkan juga lagu itu senantiasa dikumandangkan saat partai-partai politik waktu mengadakan kongres.

Sampai pada akhirnya lagu yang mengacu pada rasa persatuan dan kehendak merdeka itu dinobatkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia, sesudah Indonesia merdeka dari penjajah.

Tetapi sayang, situasi merdeka tidak pernah dirasa oleh pencipta lagu itu, Wage Rudolf Soepratman. Dia wafat pada 17 Agustus 1938 akibat jatuh sakit lantaran senantiasa diburu oleh polisi Hindia Belanda karena membuat lagu Indonesia Raya. 

Terlepas dari itu, ada lagi suatu hal yang unik yang terselip dalam uang pecahan 50 ribu versus lama. Apakah itu?

Adalah satu deretan kata yang membuat kalimat panjang. Deretan kata ini terselip di samping sinyal tangan dewan gubernur Bank Indonesia. Bila menginginkan lebih terang lagi, perhatikan gambar di bawah ini.

desain-uang-50-ribu-yang-lama_20160923_114627
Bila diperbesar, jadi tulisan panjang itu akan terlihat jelas. Dan ternyata tulisan panjang itu adalah lirik lagu Indonesia Raya

No comments:

Post a Comment

Sponsor