Tuesday, September 6, 2016

Oppo F1s (A1601) Selfie Expert Generasi Terbaru


Setelah seri Oppo F1 hadir dan dilanjutkan dengan Oppo F1 Plus, kini Oppo kembali merilis ponsel seri terbarunya Oppo F1s. Penyematan huruf ‘s’  ini diartikan sebagai ‘selfie expert’. Meskipun sebenarnya kemampuan kamera depan 16 megapiksel telah disematkan pada Oppo F1 Plus. 
Ponsel ini menggunakan desain premium dengan balutan body metal serta dukungan RAM 3GB dan processor Octa Core. Dengan banderol harga yang lebih murah, Oppo F1s diharapkan dapat menarik simpati penggemarnya lebih banyak dibanding pendahulunya. Berikut sedikit ulasannya.
Harga                        : Rp.3.799.000,-
Pilihan Warna             : Gold, Rose Gold
Paket Penjualan        : Handheld, Charger dan Kabel Data, Earset, Pin, Buku Petunjuk, kartu Garansi
Seperti pendahulunya, Oppo F1s didesain menjadi perangkat yang ringan, tipis, dan nyaman digenggaman. Lapisan metal anti slip dengan lekukan ergonomik membuat ponsel premium ini terlihat elegan. Ponsel unibody ini pada tampilan depan didominasi warna putih. Namun bagian belakangnya yang berwarna gold terlihat lebih berkelas. 
Tombol fisik menu (home key) di bawah layar depan tidak menonjol seperti tombol pada umumnya. Tombol ini juga berfungsi sebagai sensor sidik jari yang sangat responsif. Diselah kanannya adalah return key dan dikirinya tombol sentuh multitask key. Pada sisi bawah terdapat port audio, port charging, lubang mic dan lubang speaker. 
Tombol on/off bersebelahan dengan baki SIM Card. Baki SIM Card ini menjadi satu untuk kartu SIM 1, kartu SIM 2 dan memori eksternal. Untuk membukanya dibutuhkan pin khusus yang disertakan pada paket pembelian. Pada sisi atas hanya terdapat lubang sensor. Sedangkan tombol volume diletakkan disisi kiri. Tampak belakang dihiasi tulisan ‘Oppo’ dengan kamera serta LED flash di pojok kiri atas. 
Bila Oppo F1 Plus dilengkapi layar Full HD, Oppo F1s hanya menggunakan layar HD (1280x720 piksel) yang mampu menghadirkan tampilan mendekati ril. Namun layar ini dibekali teknologi kaca pelindung ternama, 2.5D Corning Gorilla Glass 4 sebagai pelapis. Tentunya peningkatan membawa kenyamanan dibanding pendahulunya. Layar ini juga mendukung penggunaan sarung tangan dan input sentuhan basah. 
Dengan kerapatan layar mencapai maksimal ~320 dpi pastinya layar ponsel ini akan nyaman untuk setiap penggunanya. Demikian juga di sisi responsivitas. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya terasa lembut. Seperti Oppo F1 Plus, Oppo F1s juga  menggunakan teknologi Touch Access yang memudahkan untuk membuka kuci layar
Tombol ‘fingerprint’ yang disematkan, meski hanya memiliki ketebalan 0,1mm namun sensornya bekerja lebih cepat dan lebih akurat. Anda dapat membuka layar dengan ‘fingerprint’ hanya dalam waktu 0.22 detik. Dengan teknologi self-learning arithmatic, apabila semakin sering digunakan, maka semakin sensitif dan akurat. Tombol ‘fingerprint’ ini bisa diatur untuk aplikasi berbeda dengan menggunakan jari yang berbeda sehingga lima sidik jari bisa diatur dan dikustomisasi.
Dengan RAM 3GB (Oppo F1 Plus menggunakan RAM 4GB), ponsel ini menggunakan Color OS yang didasarkan pada Android 5.1 Lollipop. ColorOS 3.0 terbaru ini lebih simpel, lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu keuntungan lain dari Color OS ini, umur baterai dibuat menjadi lebih lama. 
Satu hal yang terlihat menonjol pada OS ini adalah adanya ‘lockscreen magazine’ yang menyediakan update otomatis. Dengan fitur ini, layar ponsel lebih hidup pada posisi idle atau terkunci. Tersedia 7 pilihan tema dari tampilan layar ini yaitu my channel, travel, automobiles, sports, art, life dan world. 
Ketujuh tema ini dapat Anda pilih untuk diaktifkan. Dengan update otomatis, maka wallpaper lockscreen menjadi sangat variatif. 

Color OS ini juga menyediakan fitur quiet time, manage notification and status bar dan display and brighness dengan eye protection display. Anda juga dapat merubah jenis font atau ukuran font.

Bila dibandingkan dengan Oppo F1 Plus, Oppo F1s mengalami pengurangan dari sisi besaran RAM dan storage internal. Hal ini terasa wajar mengingat penurunan banderol harga yang ditetapkan. Anda masih dapat menambah kartu microSD yang mendukung hingga 128GB untuk menyimpan movie atau file lainnya.
Untuk asupan daya, ponsel ini sedikit lebih besar dibanding Oppo F1 Plus yaitu 3.075 mAh. Kurang jelas apakah produk ini masih menyertakan ‘VOOC Flash Charge’ namun saat melakukan charging prosesnya cepat. 
Untuk perhitungan benchmark digunakan aplikasi Antutu Benchmark, Quadrant Standart dan Geekbench 3. Menggunakan Antutu Benchmark v6.0.1 didapat nilai 43.112. Menggunakan Quadrant standard didapat angka 21.177. Sedangkan menggunakan Geekbench 3 didapat angka untuk single-core 704 dan multi-core 2974.
Untuk urusan multimedia, ponsel ini menyediakan audio dan video player bawaan yang lumayan menarik. Dari sisi tampilan, audio player terlihat sederhana namun menyediakan fitur scan local soings. Tidak terlihat pengaturan audio khusus namun dengan menggunakan earset yang disertakan pada paket pembelian, kualitas suaranya tidak mengecewakan. Demikian juga halnya video player. 
Tampilan video player terlihat sederhana namun mendukung banyak sekali format video. Artinya video player bawaan sudah cukup untuk memainkan banyak jenis format video Anda. Tidak seperti Oppo F1 Plus, Oppo F1s menyertakan RadioFM meskipun tanpa kemampuan perekaman. Ponsel ini juga tidak menyertakan semacam aplikasi AudioWizard meskipun hasil suara dari earset tidak mengecewakan. 

Sebagai ponsel ‘Selfie Expert’, tentunya Oppo menyertakan kamera yang tidak biasa. Besaran pixel untuk kamera depan lebih besar dari kamera belakang. Dimana kamera belakang 13 megapiksel (4160x3120) plus LED Flash pastinya cukup menjanjikan. Kamera belakang 13 MP ini memiliki sensor 1/3.06-inci untuk memaksimalkan sensitifitas cahaya dan mampu menghasilkan performa foto malam yang bagus.
Sedangkan kamera depan hadir dengan resolusi 16 megapiksel (4608x3456). Oppo mengandalkan fitur Beautify 4.0 untuk menampilkan sisi terbaik buat selfie. Beautify 4.0 memudahkan pengguna untuk mengabadikan tampilan terbaik Anda dengan mengurangi cacat yang ditingkatkan untuk memastikan kecantikan dan selfie yang terlihat natural. 
Selain itu, terdapat Selfie Panorama dengan beragam plug-in yang bisa ditambah dan filter-filter yang dapat meningkatkan kreatifitas. Juga tersedia fitur water-mark baru yang memudahkan Anda untuk mencetak foto dengan waktu, tanggal, suhu dan banyak hal lain lagi.

1 comment:

Sponsor